Dalam artikel kali ini kita akan mempelajari tentang menu bar Insert pada Microsoft Office Word yang berisi perintah-perintah atau tombol-tombol untuk menyisipkan objek ke dalam dokumen.
Dalam materi pembelajaran kali ini diharapkan siswa mampu :
a. Mengetahui fungsi Tombol pada Pages
b. Mengetahui fungsi Tombol pada Tables
c.Mengetahui fungsi Tombol pada Illustrations
d. Mengetahui fungsi Tombol pada Links
e. Mengetahui fungsi Tombol pada Header & Footer.
Adapun fungsi tiap tombol pada grup Pages yaitu:
a. Cover Page
Untuk menambahkan cover halaman dengan beberapa pilihan yang menarik.
Berikut fungsi-fungsi button pada Tables, antara lain:
a. Insert Table
Untuk menyisipkan objek table secara otomatis atau secara manual. Penyisipan table secara otomatis hanya dibatasi maksimal terdiri dari 10 kolom dan 8 baris. Tetapi pada pembuatan table secara manual, table dapat dibuat lebih dari 10 kolom dan 8 baris.
b. Draw Table
Untuk mengatur setting/ style table secara manual. Misalnya hanya mengubah garis luar table, hanya menambahkan shading dan sebagainya.
c. Convert Text to Table
Untuk menyisipkan objek tabel. Selain itu juga dapat mengkonversi teks menjadi tabel. Ada satu hal yang pelu diingat, bahwa dalam penulisan teks fungsi tombol
TAB berguna untuk pengkonversian kolom tabel, dan tombol Enter untuk pengkonversian baris table.
d. Excel Spreadsheet
Untuk menyisipkan lembar kerja dari aplikasi Microsoft Excel 2007 ke lembar kerja Microsoft Word 2007.
e. Convert Text to Table
Untuk menyisipkan objek table dan dapat digunakan untuk menyimpan desain tabel yang sudah dibuat pada Tables Gallery.
Berikut fungsi-fungsi button pada Editing antara lain:
a. Picture
Untuk menyisipkan objek image dari direktori lain. Objek image meliputi file image dengan ekstensi JPG, JPEG, BMP, PSD, WMF, dan lainnya.
b. Clip Art
Untuk menyisipkan objek image atau clip art dari direktori lain.
c. Shapes
Untuk menyisipkan objek shapes pada dokumen, missal penambahan objek lingkaran, segiempat, kubus dan masih banyak lagi.
d. Smart Art
Untuk menyisipkan lembar objek struktur organisasi, flow chart, dan sebagainya.
e. Chart
Untuk menyisipkan objek grafik pada dokumen. Biasanya penambahan objek ini disertai dengan data yang akan dijadikan dasar pembuatan grafik.
Berikut fungsi-fungsi button pada Header & Footer antara lain:
a. Header
Untuk menambahkan teks header, yaitu teks yang akan selalu ditampilkan di bagian atas halaman pada sebuah dokumen. Header dapat berupa nomor halaman, tanggal pembuatan dokumen, atau nama instansi.
b. Footer
Untuk menambahkan teks footer, yaitu teks yang akan selalu ditampilkan di bagian bawah halaman pada sebuah dokumen. Footer dapat berupa nomor halaman, tanggal pembuatan dokumen, atau nama instansi.
c. Page Number
Untuk menambahkan Header/Footer berupa penomoran halaman.
Informasi Kontak :
Copyright © 2021 | Sahril, A.Md.